Senin, 22 April 2013

5 Tips Menyimpan Alpukat agar Tahan Lama



Avocado 1 150x150 5 Tips Menyimpan Alpukat agar Tahan Lama
Alpukat (Avocado) adalah salah satu buah favorit untuk membuat jus, es buah, atau campuran salad.
Jika sering membeli buah alpukat tentunya Anda harus tahu bagaimana cara menyimpan buah ini agar lebih tahan lama.
Berikut adalah tips menyimpan alpukat matang ataupun yang masih mentah agar tahan lama:
1. Simpan alpukat yang sudah matang di laci buah atau sayuran di kulkas. Direkomendasikan untuk segera memakan alpukat yang sudah matang maksimal 2-3 hari setelah penyimpanan. Tapi jika belum terlalu matang, alpukat bisa tahan hingga seminggu.
2. Untuk menghindari tejadinya oksidasi, taburi alpukat yang sudah dipotong dengan air jeruk nipis atau cuka putih kemudian simpan dalam wadah yang kedap udara.
Namun, bagaimanapun juga buah yang sudah terekspos tidak bisa bertahan terlalu lama. Jadi simpan potongan alpukat tersebut maksimal selama dua hari.
3. Jika membeli alpukat yang masih mentah, Anda dapat menyimpan alpukat di atas meja dapur atau meja makan pada suhu kamar dan terhindar dari sinar matahari langsung. Buah alpukat akan matang dalam waktu tiga hingga lima hari.
4. Jika alpukat mentah yang dibeli ingin segera matang, Anda bisa mempercepat proses pematangan dengan cara menaruh alpukat dalam kantong kertas.
Anda juga bisa menambahkan buah apel atau pisang ke dalam kantong kertas untuk mempercepat proses pematangan alpukat.
5. Anda dapat menyimpan alpukat yang sudah dihaluskan hingga lima bulan lamanya.
Bagaimana caranya?
Caranya sangat mudah, cuci buah alpukat kemudian potong menjadi dua bagian, buang bijinya. Ambil daging buah alpukat dengan sendok, tambahkan 1 sendok makan air perasan lemon untuk setiap 2 buah alpukat.
Kemudian blender alpukat, setelah itu taruh alpukat blender ke dalam wadah yang kedap udara. Beri jarak 2-3 cm antara bagian atas alpukat dan tutup wadah.
Simpan ke dalam freezer. Alpukat yang dibekukan tersebut akan bisa tahan hingga lima bulan penyimpanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar